Surat untuk Adik Perempuanku di Hari Lahirnya



26 Juni 2015

Untukmu, adik perempuanku,, 

Assalamu’alaikum wr. wb. Aci…

Surat ini sebenarnya Teteh berikan sebagai hadiah ulang tahun Aci yang ke-21. Teteh memang tidak pernah memberikan sesuatu sebagai kado di ulang tahun Aci karena di keluarga kita memang tidak ada tradisi seperti itu.


Teteh ucapkan selamat hari lahir untuk Aci. Segala doa tulus dan terbaik dilimpahkan untukmu. Aamiin. 

Yang pertama, Teteh doakan semoga sisa umurmu semakin berkah. Keberkahan itu biasanya ditandai dengan semakin berkualitasnya hidup kita, semakin tenang kita dalam beribadah, semakin santai kita dalam menghadapi kehidupan ini. Keberkahan tak ada hubungannya dengan berlimpahnya materi, tapi keberkahan bisa dirasakan dari lubuk hati kita yang paling dalam. Insya Allah. Aamiin. 

Doa kedua, semoga menjadi wanita solehah yang tak pernah lelah memperbaiki diri agar selalu dekat dengan-Nya. Teteh senang sekali saat ini Aci sudah berubah dalam banyak hal, tentunya perubahan positif yang insya Allah membawamu lebih dekat dengan-Nya. Terus tingkatkan ya, sayang. Tetap istiqomah. Kita saling mengingatkan dalam kebaikan agar kelak bisa berkumpul lagi di jannah-Nya. Insya Allah. Aamiin.

Doa ketiga, semoga selalu dilancarkan kuliahnya dan cepat lulus. Tak terasa yah kamu sudah UAS semester 6. Itu berarti satu tahun lagi, insya Allah, kamu wisuda. Teteh masih ingat saat kamu masih suka main layangan saat SD dulu, sama teman-temanmu yang hampir semua anak cowok. Malah, kamu seperti bos bagi mereka yang bisa kamu suruh ini dan itu. Ah, sekarang kamu sudah jadi mahasiswa tingkat akhir yang akan segera berurusan dengan skripsi. Oh ya, kamu juga sebentar lagi bakalan KKN, jauh dari Mamah. Harus mandiri, ya. Ah, nggak kebayang akan seperti apa. Tapi, Teteh yakin kamu bisa karena kamu kan strong. :) Setelah KKN, kamu bakalan PPL, jadi ibu guru untuk siswa SMP atau SMA. Hm, kamu bakalan jadi ibu guru yang imut sepertinya. Lalu, setelah itu mulailah kamu disibukkan dengan skripsi. Uh, amazing deh rasanya harus menghadapi segala hal yang berhubungan dengan skripsi. Harus sabar, yah. Jangan menyerah walau apapun yang terjadi. Harus terus maju jika ada satu dua hal menghambatmu. Sekali kamu merasa lelah dan memutuskan untuk istirahat sejenak, maka kamu akan tertinggal jauh dan menyesal. Bagaimanapun, Teteh mendoakan semoga segalanya berjalan lancar. Berdoalah agar Allah membaguskan nasibmu. Insya Allah. Aamiin.

Doa keempat, semoga nantinya Aci bisa mendapatkan pekerjaan yang halal, baik dan berkah dengan mudah. Entah kamu mau langsung bekerja atau bekerja setelah menikah, ehm, pintar-pintarlah memilih pekerjaan. Bukan maksud Teteh menyepelekan pekerjaan satu dan yang lainnya. Carilah pekerjaan yang tidak hanya baik, tapi juga halal dan berkah, agar kamu tidak hanya sejahtera di dunia tapi juga selamat di akhirat. Yang terpenting, bekerjalah hanya untuk Allah, maka kamu akan selamat. Insya Allah. Aamiin. 

Doa kelima, semoga Aci segera dipertemukan Allah dengan pasangan yang soleh sebagai jodoh dunia dan akhiratmu. Ini yang sering mengganggu hari-harimu saat ini. Mungkin kamu lelah dengan pria-pria yang datang dan mencoba mendekatimu, lalu menjauh setelah beberapa lama berkomunikasi entah sebab satu atau dua hal yang kadang tak masuk di akal. Mungkin juga kamu resah karena sampai saat ini belum menemukan seseorang yang tepat sebagai calon imammu. Tapi percayalah, Allah selalu menuntun kita ke arah yang Dia kehendaki. Jadi, jangan berkecil hati ketika kamu belum menemukannya. Kamu tahu, saat ini “dia” sebenarnya sedang berusaha menemukanmu. Dia yang saat ini juga sedang berusaha memperbaiki dirinya sepertimu. Dia yang tanpa syarat ini itu akan langsung datang pada Mamah Bapak untuk memintamu menjadi makmumnya. Yakinlah, Allah sedang mempersiapkan yang terbaik untukmu. Insya Allah. Aamiin.

Doa keenam, semoga Aci selalu jadi anak Mamah Bapak yang patuh dan sayang keluarga. Jujur, Teteh bersyukur punya adik perempuan sepertimu. Kadang kita sehati, sepaham, sejiwa meski tak jarang juga kita bertentangan arah. Kamu lebih terlihat seperti Bapak, sementara Teteh mirip Mamah. Kita kompak dan selalu menuruti apa kata Mamah Bapak begitupun dengan Aa dan Fitran. Alhamdulillah, memiliki kalian adalah hal istimewa dalam hidup Teteh. We are a happy family. Tetap jadi anak, adik dan kakak yang imut dan jangan menyebalkan. :) Sampai kapanpun, kita harus seperti ini. Insya Allah. Aamiin.

Doa ketujuh, semoga senantiasa jadi orang yang dicintai, yang kehadirannya selalu dicari. Seperti saat ini, banyak teman yang selalu mencintai dan memerhatikanmu. Entah kamu sudah mendapatkan seorang sahabat atau belum, tapi jadilah sahabat yang baik untuk mereka. Cintai mereka, maka kamu pun akan dapat cinta yang berlimpah. Insya Allah. Aamiin.

Dan yang terakhir, semoga Aci menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama. Sebaik-baik manusia adalah ia yang bermanfaat bagi orang lain. Bukan begitu? Ini pun nasihat untuk Teteh sendiri. Semoga dimanapun dan kapanpun kita berada, kita bisa selalu memberi manfaat bagi orang lain. Insya Allah. Aamiin.

Sebenarnya, banyak doa baik yang masih akan selalu terpanjat untukmu, tak hanya sebatas hari ini. Namun, biarlah itu menjadi rahasia Teteh dan Allah. Yang terpenting, semoga Allah selalu melindungi dan memberkahi setiap langkahmu. Aamiin.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Dari Tetehmu yang cerewet, Teh Tala :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Love Sparks in Korea Karya Asma Nadia

Kenapa (Saya) Tak Menulis?

Carilah Sahabat dan Berbuat Baiklah Padanya!